Tips Memilih Kompor yang Tepat

Seperti disinggung pada postingan sebelumnya bahwa ada cukup banyak jenis kompor yang tersedia di pasaran. Dari sekian banyak varian kompor tersebut, sebaiknya Anda memelajarinya terlebih dahulu. Jangan sampai salah membeli dan kemudian Anda merasa tidak nyaman menggunakannya ketika memasak.

Kompor Gas
belajar-memasak.com

Berikut ini ada beberapa panduan atau tips yang bisa Anda pertimbangkan dalam memilih kompor yang cocok sesuai dengan keadaan Anda.

Memilih Jumlah Tungku

Jumlah tungku pada kompor bervariasi antara dua hingga lima tungku. Kompor dengan dua tungku akan lebih hemat tempat bila dibandingkan dengan kompor empat tungku. Lantas, mana yang sebaiknya dipilih?

Memilih Gas atau Listrik?

Ada tiga hal yang bisa dijadikan dasar untuk memilih kompor yang tepat menurut Desiana Latuconsina, Public Relation Department Head Modena Indonesia. Apa sajakah itu? Mari kita simak bersama-sama.

1. Luas Dapur
Karena Anda butuh ruang untuk menempatkan tabung gas, maka Anda memerlukan ruang dapur yang lebih luas jika memakai kompor gas. Sementara, dapur yang sangat sempit, seperti dapur di apartemen mungil akan lebih pas jika menggunakan kompor listrik.

2. Ketersediaan Daya
Tak ada pilihan lain selain kompor gas jika daya listrik yang tersedia di rumah tidak terlalu besar. Sedangkan kompor listrik membutuhkan daya yang cukup besar yakni sekitar 1.000 - 2.000 watt.

3. Style
Kompor listrik dapat menjadi pilihan jika Anda mementingkan masalah desain. Penampilan kompor listrik memang lebih simpel dan stylish sehingga membuat dapur terlihat lebih rapi dan modern.

Label: