Jenis-jenis Wajan Berdasarkan Fungsinya

Ada beragam pilihan wajan yang beredar di pasaran, baik jenis, bentuk, maupun bahan pembentuknya. Hadirnya produk wajan dari waktu ke waktu dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat. Banyak pilihan wajan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan akan selera dalam memasak dan menikmati masakan.

Nasi Goreng dalam Wajan
yayajanuary / downloadgratisgambar.com

Ada sebagian orang yang memilih memakai satu wajan saja untuk multifungsi. Namun, bagi yang hendak memaksimalkan hasil masakan, tersedia beberapa pilihan wajan yang dibedakan untuk setiap fungsi. Berikut ini beberapa jenis wajan berdasarkan fungsinya.

1. Wok

Wok merupakan jenis wajan yang digunakan untuk menggoreng dengan minyak yang banyak. Wajan ini mempunyai bentuk yang cekung sehingga bisa menampung minyak dalam jumlah banyak dan membuat bahan masakan terendam dalam minyak.

2. Fry Pan

Jika ingin menumis dan menggoreng dengan sedikit minyak, gunakan saja wajan fry pan. Wajan jenis ini memiliki beragam ukuran yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan (besarnya porsi masakan). Umumnya wajan ini agak datar. Untuk porsi yang lebih besar, Anda dapat memilih yang agak cekung.

3. Grill Pan dan Griddle Pan

Kedua jenis ini digunakan untuk memanggang. Bentuk grill pan adalah bergerigi (naik-turun) pada permukaan bagian dalam. Gunanya adalah untuk menghasilkan "tekstur" naik-turun pada hasil panggangan. Selain itu, juga supaya minyak bisa turun ke bagian cekungan dan tidak terbawa dalam makanan yang dipanggang. Sementara griddle pan digunakan untuk hasil panggangan dengan tampilan yang polos atau tidak bertekstur.

4. Source Pan

Kalau wajan yang satu ini biasa dipakai untuk membuat saus. Wajan ini memiliki kedalaman dan umumnya berukuran tidak terlalu lebar yakni 14 hingga 18 cm.

5. Stock Pot

Peranti masak yang satu ini mempunyai kegunaan seperti wajan, namun biasa digunakan untuk memasak makanan yang berkuah.

Label: