Cara Mencegah Kebakaran Akibat Korsleting AC Bagian 2

Pada postingan sebelumnya mengenai cara mencegah kebakaran akibat korsleting AC bagian pertama, telah dibahas 3 cara yaitu pemasangan AC harus tepat, jangan selalu menyalakan AC, dan pembuangan air AC jangan tersumbat.

AC Mitsubishi
pemanasairpaloma.blogspot.com

Nah, pada kesempatan kali ini akan diinformasikan 4 cara sisanya.

4. Matikan AC Saat Diservis

AC bukan hanya dimatikan lewat remote control, namun mencabut saklar dari stekernya. Sebenarnya aliran listrik masih ada di dalam AC ketika AC hanya dimatikan melalui remote. Nah, bila cipratan air masuk kotak komponen elektronik yang menjadi otak mesin AC (PCB), maka listrik yang ada akan bereaksi hingga Anda dapat tersetrum. Selain itu, cipratan air juga bisa menyebabkan terjadinya korsleting karena air bersentuhan dengan bagian mesin AC.

5. Perhatikan Peletakkan Unit Outdoor AC

Adalah berbahaya jika meletakkan unit outdoor AC di luar rumah secara sembarangan dan tanpa adanya perlindungan sama sekali. Contohnya, unit outdoor AC ini akan terkena air ketika hujan turun. Sebaiknya unit outdoor AC ini tetap terlindungi oleh atap meskipun berada di luar.

6. Pilih AC yang Berkualitas

AC yang berkualitas biasanya mempunyai sistem keamanan yang baik. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membeli AC yang telah dijamin kualitasnya. Selain itu, pembelian AC ini disesuaikan dengan PK dan ruangannya. Hal ini membuat daya kerja AC menjadi lebih optimal. AC yang bekerja tidak terlalu berat membuat mesin AC tidak cepat panas.

7. Rawat AC Secara Berkala

Idealnya perawatan atau servis AC harus dilakukan setiap 3 bulan sekali. Pilihlah jasa perawatan AC yang mempunyai kantor resmi dan ada fisik bangunannya.

Label: