Model-model Penghisap Asap Dapur

Penghisap asap dapur (cooker hood) merupakan salah satu solusi yang dapat dipilih untuk meningkatkan kenyamanan beraktivitas di dapur, baik sebelum, saat, maupun setelah memasak.

Penghisap Asap Dapur
sanitarykitchenware.blogspot.com

Supermarket bahan bangunan, biasanya menyediakan aneka model penghisap asap ini dengan harga bervariasi mulai dari Rp 2 jutaan. Nah, berikut ini beberapa model penghisap asap yang dapat dijumpai di pasaran.

1. Kanopi (Canopy)

Model penghisap asap ini simpel tanpa saluran pembuangan dan pemasangannya juga mudah. Jenis ini mendaur ulang udara di dalam mesin dan membuangnya kembali ke dalam ruangan. Penghisap asap yang satu ini cocok digunakan pada dapur yang jarang dipakai memasak atau yang berukuran kecil (maksimal kira-kira 4 m2).

2. Cerobong (Chimney)

Bentuk penghisap asap ini agak besar seperti cerobong asap. Saluran cerobong ini dipakai untuk menyalurkan asap ke luar ruangan. Pada saat pemasangannya, Sobat perlu membongkar ruangan. Tetapi, peranti ini dapat berfungsi maksimal dan cocok untuk dapur yang sering digunakan memasak besar.

3. Konvensional (Visor)

Model yang satu ini sekilas serupa dengan model kanopi, namun model ini mempunyai pembuangan langsung ke luar dinding tanpa saluran cerobong. Cooker hood model ini cocok untuk rumah dengan dinding dapur mengarah ke taman atau teras rumah sehingga gampang dibuat lubang pembuangan.

4. Integrasi (Integrated)

Model yang satu ini dapat dipasang tersembunyi di balik kabinet dapur dan diletakkan terintegrasi dengan lemari dapur sehingga tampilannya lebih bersih dan menyatu. Model ini cocok untuk ruangan berdesain modern simpel.

5. Pulau (Island)

Nah, kalau model yang ini mempunyai pipa pembuangan besar yang menempel pada plafon di tengah ruang dapur. Jenis penghisap asap yang satu ini cocok dipakai untuk posisi kompor yang berada di tengah meja island.

Label: