Cara Memilih Lemari Es Hemat Listrik

Salah satu peranti penting yang biasanya terdapat di setiap rumah adalah lemari es. Pemakaian lemari es ini digunakan selama 24 jam dalam sehari. Oleh karena itu, kita akan lebih bijak kalau kita memilih lemari es yang hemat energi.

Cara Memilih Lemari Es Hemat Listrik

Untuk memperoleh lemari es yang hemat energi, pilihlah lemari es yang mempunyai fitur inverter. Selain itu, pastikan pula adanya sakelar hemat energi pada lemari es tersebut. Ada beberapa merek lemari es yang menawarkan sakelar hemat energi atau high moisture switch pada produknya.

Fungsi dari sakelar hemat energi adalah untuk mencegah terjadinya kondensasi saat cuaca berada dalam kondisi lembap. Nah, saat cuaca kering, kita dapat menonaktifkannya untuk menghemat energi yang dipakai.

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika memilih lemari es hemat energi adalah kebutuhan daya listriknya. Spesifikasi produk lemari es bisa dilihat pada label yang biasanya terdapat di bagian belakang peranti tersebut. Sebaiknya pilih lemari es dengan konsumsi daya yang tidak lebih dari 150 watt untuk rumah dengan daya listrik 1.300 watt.

Lemari es yang kita pilih harus dipastikan memiliki label hemat energi. Biasanya ditandai dengan adanya logo “Energy Star”. Hal ini juga berlaku setiap kita membeli peralatan elektronik apa saja.

Ukuran lemari es yang kita beli disesuaikan dengan kebutuhan di rumah dan jumlah anggota keluarga yang ada. Perkiraan per orang dihitung sebanyak 50 liter. Jadi, bila keluarga kita terdiri dari 4 orang, maka beli lemari es dengan volume 200 liter.

Selain itu, pilih lemari es yang memisahkan lemari pendingin dan freezer. Lemari es satu pintu (bagian lemari pendingin dan bagian freezer tergabung) membutuhkan daya yang lebih besar ketimbang lemari es dua pintu (bagian lemari pendingin dan bagian freezer mempunyai pintu masing-masing).

Hal lain yang perlu diingat adalah kita jangan berbangga hati bila mempunyai lemari es yang bertahan selama belasan tahun di rumah. Konsumsi listrik lemari es produksi tahun 1990 - 1992 mencapai 1100 kWh. Lemari es ini amat tidak hemat energi. Sedangkan lemari es yang dibuat pada tahun 2008 - 2010 dengan label “Energy Star” cuma mengonsumsi listrik sebesar 500 kWh.

Terakhir, pilih lemari es yang mempunyai fitur defrost. Fitur ini bisa mencegah timbulnya bunga es yang biasanya gampang muncul pada lemari es satu pintu. Walaupun kebutuhan daya listrik sedikit lebih besar pada lemari es dengan fitur tersebut, tetapi bila gunungan es telah terbentuk, maka lemari es justru akan bekerja lebih keras.

Label: