Penyebab dan Solusi Mengatasi AC Bocor

Pendingin ruangan atau yang biasa dikenal dengan nama Air Conditioner (AC) merupakan salah satu barang elektronik yang kerap kali dipakai di rumah. Lebih-lebih bagi pemilik rumah yang tinggal di daerah berhawa panas dan lembap.

Penyebab dan Solusi Mengatasi AC Bocor

Namun, apa jadinya kalau AC di rumah Anda mengalami gangguan, baik lantaran kesalahan dalam penggunaan maupun karena kerusakan teknis? Hal ini tentunya akan membuat rumah menjadi kurang nyaman sebab ruangan pengap dan panas.

Nah, salah satu permasalahan seputar AC yang bisa saja dialami oleh pengguna adalah AC bocor yang ditandai dengan air selalu menetes bila AC dihidupkan. Lalu, apakah penyebab dan solusi untuk mengatasi masalah AC seperti ini?

Menurut ahli dari Tim Service salah satu merek AC terkenal, ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya kebocoran pada air pembuangan AC ini.

Pertama
Kemungkinan penyebab yang pertama adalah saluran pembuangan AC pampat sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar. Kondisi seperti ini akan menyebabkan air meluap pada bak penampungan dan membuat air menetes ke luar. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah mencari penyebab pampatnya dan membersihkan saluran tersebut.

Ke-dua
Kemungkinan penyebab yang ke-dua adalah bagian pompa drain pada AC yang tidak berfungsi dengan baik. Bila terjadi hal seperti ini, maka langkah yang sebaiknya dilakukan adalah menghubungi teknisi atau pusat pelayanan AC Anda.

Sementara itu, menurut pengguna AC lainnya, AC bocor dapat terjadi lantaran pembuangan air yang kurang rapat. Solusinya adalah dengan merapatkan selang saluran pembuangan air tersebut atau menggantinya kalau terjadi kebocoran atau kerusakan.

Label: