Cara Membersihkan Air Purifier

Cara Membersihkan Air Purifier
Adanya polusi udara membuat kualitas udara menjadi semakin buruk. Menggunakan air purifier adalah salah satu solusi untuk mengatasi polusi udara tersebut. Nah, air purifier bisa menyaring udara yang berdebu menjadi bersih dan segar lagi. Tetapi, jika air purifier dipakai secara terus-menerus, terlebih di lingkungan yang cukup kotor, maka debu pada filter akan menumpuk.

Oleh sebab itu, kalau Anda sudah mencium aroma yang tidak sedap atau Anda telah melihat debu menempel, maka sebaiknya Anda membersihkan air purifier dengan segera. Masing-masing produsen telah memberikan panduan untuk membersihkan produknya pada buku manual. Tetapi, Anda bisa mengikuti tips membersihkan air purifier berikut ini kalau Anda tidak mempunyainya.

Tips membersihkan air purifier ini, admin peroleh dari Tabloid RUMAH. Tabloid tersebut memakai air purifier Sharp KC-930Y-W. Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan dan waktu yang tepat sebelum memulai untuk membersihkan peranti yang satu ini. Pasalnya, membersihkan air purifier membutuhkan waktu yang cukup lama. Waktu yang tepat untuk membersihkan air purifier adalah pada pagi atau siang hari.

Perlu diperhatikan, saat Anda ingin membersihkan, matikan dan cabut aliran listrik dari unit. Anda mesti tetap mencabut aliran listrik unik meskipun cuma membersihkan bagian luar unit saja. Supaya debu tidak masuk ke dalam rumah, bawa ke luar rumah unik ketika membuka filter. Pakai kain microfiber lembap atau kain lembut untuk membersihkan bagian luar.

Berikut ini adalah langkah-langkah membersihkan air purifier.

  1. Lepas pre-filter (filter paling depan), kemudian bersihkan dengan memakai kuas.
  2. Keluarkan dan lepaskan filter deodorized dari dalam unit. Lap filter deodorized dengan menggunakan campuran air jeruk nipis guna membersihkan kotoran yang membandel. Perlu diingat, jangan gunakan deterjen! Keringkan filter di bawah sinar matahari dan angin-anginkan sampai kering secara menyeluruh. Sesudah filter telah benar-benar kering, pasang kembali filter ke dalam unit.
  3. Pada unit ini terdapat tangki air, untuk membersihkannya bilas bagian dalam tangki dengan air hangat, tutup penutup tangki dengan kencang kemudian kocok-kocok dan lalu buang airnya. Jika endapan air susah untuk dibersihkan, maka sikatlah dengan sikat gigi dengan sedikit cairan deterjen.
  4. Untuk membersihkan filter air, keluarkan filter air dari penampung air, siapkan larutan untuk membersihkan. Anda bisa memakai larutan bubuk sitrun atau larutan air jeruk nipis. Rendam selama 30 menit. Bilas filter sampai bersih kemudian pasang lagi ke dalam penampung air.


Hal-hal yang perlu diingat dalam membersihkan air purifier adalah sebagai berikut.


Sumber gambar: www.sharp-indonesia.com

Label: