Cara Menghitung Kebutuhan AC

Cara Menghitung Kebutuhan AC
Di dalam artikel yang berjudul "AC Inverter vs Low Watt", kita bisa mengetahui tipe AC mana yang lebih hemat listrik. Nah, pada entri kali ini, kita akan mengetahui tentang cara menghitung kebutuhan AC untuk ruangan.

Cara menghitung kebutuhan AC pada ruangan dipengaruhi oleh luas ruangan dan posisi dinding ruangan tersebut terhadap sinar matahari. Berikut cara menghitung kebutuhan AC suatu ruangan.

1. Sesuaikan PK dengan Luas Ruangan

AC mempunyai kapasitas atau daya pendingin yang berbeda-beda yang kerap kali dikenal dengan istilah PK. Berikut dijabarkan berapa PK yang semestinya dipakai sesuai dengan ruangan rumah kita.


2. Perhatikan Dinding Ruangan terhadap Sinar Matahari

Seperti diketahui pada poin pertama di atas yang menyatakan bahwa masing-masing kapasitas pendingin bisa menjangkau luas ruangan yang berbeda-beda. Selain hal tersebut, perhatikan juga apakah dinding ruangan tersebut terkena sinar matahari atau tidak. Ruangan yang dindingnya terkena sinar matahari secara langsung (umumnya kamar yang menghadap ke arah barat) memerlukan PK yang lebih besar.

Tips Menggunakan AC Agar Bekerja Optimal

Meskipun telah mempunyai AC low watt dan inverter, AC mesti dipakai sesuai dengan luas ruangannya untuk bisa merasakan manfaatnya. Bila ruangan terlalu luas, maka AC tersebut akan bekerja di luar kemampuannya dan ujung-ujungnya daya yang dikonsumsi akan sama dengan AC tipe standar. Akan lebih baik kalau ruangan lebih kecil ketimbang kapasitas AC-nya. Dengan demikian, unit AC akan bekerja tetap optimal, namun daya dipakai akan minimal sekali.

Cara Penggunaan AC Agar Hemat Energi

Walaupun telah mempunyai AC yang hemat energi, tetapi bila pemakaiannya salah, maka hal ini dapat mengakibatkan AC tetap menghabiskan banyak energi. Berikut ini cara penggunaan AC yang disarankan.

Label: