Tips Agar Tidak Ditipu Jasa Servis Elektronik

Tips Agar Tidak Ditipu Jasa Servis Elektronik
Beragam barang elektronik yang biasa digunakan di rumah seperti AC, kulkas, televisi, mesin cuci, atau radio, tentunya pernah mengalami yang namanya kerusakan. Benda-benda elektronik tersebut rusak lantaran tidak dapat berfungsi dengan baik atau bahkan mati total. Nah, mayoritas dari Anda tentu akan menggantinya dengan membeli barang elektronik baru.

Kerusakan yang terjadi pada elektronik tersebut dapat saja diperbaiki tanpa mesti menggantinya dengan yang baru. Oleh karena itu, Anda jangan buru-buru membelinya. Kerusakan elektronik tersebut biasanya terjadi lantaran disebabkan oleh tidak stabilnya tegangan listrik, pengoperasian yang salah, atau kurangnya perawatan.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, hal yang dilakukan adalah datang ke tempat servis elektronik untuk memperbaiki kerusakan barang elektronik. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memakai jasa elektronik ini. Pasalnya, Anda tidak mengetahui bagaimana proses mereka dalam mengerjakan elektronik yang rusak. Nah, untuk menghindari penipuan yang dilakukan oleh jasa servis elektronik, ada baiknya Anda menyimak tips yang berikut ini.

1. Kenali Kerusakannya
Periksa kerusakan yang terjadi pada barang elektronik Anda terlebih dahulu. Dengan melakukan hal ini, paling tidak Anda bisa meraba berapa ongkos yang mesti dikeluarkan. Contohnya, kerusakan pada TV bisa saja terjadi sebab speaker yang rusak. Sesudah itu, Anda dapat berselancar di internet terlebih dahulu untuk mencari informasi tentang harga jasa elektronik supaya Anda mengetahui jika teknisi mematok harga yang terlampau tinggi.

2. Perhatikan Cara Kerja Teknisi
Tips yang berikutnya adalah perhatikan bagaimana teknisi bekerja. Dari titik ini bisa tampak apakah teknisi mereparasi elektronik dengan profesional atau tidak. Selain itu, hal ini juga akan berefek terhadap hasil kerjanya.

3. Perhatikan "Pasien" Lain
Tengoklah keadaan sekeliling dari bengkel elektronik ini. Apakah terdapat banyak elektronik yang menumpuk atau tidak? Jika iya, maka hal ini berarti bahwa jasa tersebut dipercaya oleh banyak orang untuk mereparasi barang elektronik mereka. Tetapi, kalau barang elektronik yang menumpuk tersebut telah berdebu, ini berarti banyak hasil reparasi yang tidak selesai.

Label: