Tips Membuat Semburan Udara Air Cooler Lebih Sejuk

Air cooler merupakan perangkat penyejuk udara. Teknologi air cooler memang tidak secanggih AC (air conditioning), namun tidak sesederhana kipas angin. Bisa dikatakan, air cooler merupakan kipas angin dengan rasa AC.

Honeywell Air Cooler
www.honeywellstore.com

Udara sejuk yang disemburkan oleh air cooler sudah melalui proses pendinginan memakai air dan batu es. Campuran angin dan air es membuat udara yang dihembuskan menjadi lebih sejuk. Suhu ruangan dapat turun 3 hingga 5 derajat Celcius dengan menggunakan air cooler.

Suhu udara yang dihasilkan air cooler memang tidak sedingin bila memakai AC. Tetapi, memakai air cooler jauh lebih sejuk jika dibandingkan dengan menggunakan kipas angin.

Nah, supaya udara yang disemburkan air cooler dapat menjadi lebih sejuk, ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti yang tercantum di bawah ini.

Posisi Air Cooler
Peranti air cooler ditempatkan di area yang mempunyai sirkulasi udara yang cukup baik. Hal ini dibutuhkan supaya udara selalu bersirkulasi sehingga udara yang disemburkan oleh air cooler lebih sejuk dan bersih.

Air dan Es Batu
Pengguna harus rajin untuk mengisi air dan es batu ke dalam tangki. Bila hal ini tidak dilakukan, maka kegunaan air cooler tidak ada bedanya dengan kipas angin biasa.

Filter dan Tangki Air
Rajin-rajinlah unuk membersihkan filter dan tangki air. Filter yang kotor dan berdebu dapat menyebabkan udara yang disemburkan air cooler menjadi lemah dan berbau.

Baca Juga: Cara Memilih Air Cooler yang Baik

Label: