Cara Menghemat Listrik pada Lemari Es

Langkah selanjutnya setelah memilih lemari es hemat energi adalah menggunakannya secara tepat agar tagihan listrik bisa dihemat. Nah, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menggunakan lemari es untuk membuat tagihan listrik tidak melonjak.

Cara Menghemat Listrik pada Lemari Es

1. Letakkan Lemari Es pada Tempat yang Tepat
Hindari meletakkan lemari es di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung atau dekat barang yang menghasilkan panas, seperti kompor, microwave, oven, dan lain sebagainya. Berikan jarak setidaknya sejauh 15 cm dari dinding atau sesuai dengan buku petunjuk. Pasalnya, lemari es membutuhkan ruang untuk udara panas yang keluar.

2. Tidak Membuka Pintu Lemari Es Berlama-lama
Saat pintu lemari es dibuka, maka akan terjadi lonjakan daya yang diperlukan oleh lemari es. Lemari es memerlukan waktu sekira 30 menit untuk kembali pada suhu semula setiap pintu lemari es dibiarkan terbuka selama 30 detik. Proses pengembalian tersebut memakan daya listrik yang cukup besar.

3. Atur Suhu Lemari Es pada Suhu Ideal
Suhu ideal untuk lemari pendingin adalah 2 - 4°C dan -15°C untuk freezer. Semakin dingin pengaturan suhu kulkas, maka akan semakin lama kompresor bekerja sehingga semakin besar konsumsi energi listriknya. Upayakan atur pada suhu minimum jika lemari es tidak terlalu digunakan.

4. Tidak Memasukkan Makanan dalam Kondisi Panas
Pastikan untuk tidak memasukkan makanan dalam kondisi panas ke lemari es. Pasalnya, makanan panas akan meningkatkan suhu di dalam lemari es. Dengan demikian, lemari es mesti bekerja lebih keras untuk mengembalikan ke suhu semula.

5. Ganti Seal yang Rusak
Bila seal atau karet pada pinggiran pintu lemari es telah longgar atau rusak, maka harus diganti. Salah satu penyebab lemari es susah untuk dingin adalah seal yang tidak rapat. Hal ini terjadi lantaran udara dingin malah terbuang ke luar sehingga suhu tidak terjaga dengan baik.

6. Sesuaikan Isi Lemari Es dengan Kapasitasnya
Penyimpanan yang berlebih pada lemari es akan menutup jalur aliran udara dingin yang kelak akan mengganggu sirkulasi udara. Keadaan seperti ini pada akhirnya membuat lemari es akan bekerja lebih berat untuk meraih suhu yang sudah diatur.

7. Tidak Membiarkan Lemari Es Kosong
Lemari es yang kosong ternyata memerlukan daya listrik yang lebih besar. Maksimalkan volume lemari es, tetapi tetap pastikan bahwa isi kulkas tertata dengan rapi. Hal ini bertujuan untuk menghindari Anda membuka lemari es berlama-lama akibat isi kulkas yang tidak teratur.

Label: