Solusi Mengatasi AC Berbau Tidak Sedap

Salah satu masalah yang dialami oleh pengguna AC yang diutarakan di forum sebuah tabloid adalah AC-nya yang sering mengeluarkan bau yang tidak sedap bila dihidupkan. Lalu, pembaca tersebut menanyakan apa yang mesti dilakukannya.

Solusi Mengatasi AC Berbau Tidak Sedap


Baca Juga: Penyebab dan Solusi Memperbaiki Freon AC Bocor

Tim service salah satu produsen peranti elektronik menyatakan bahwa AC sebenarnya tidak mengeluarkan bau. Nah, kalau muncul bau ketika AC baru dinyalakan, maka hal ini biasanya disebabkan oleh sumber bau yang berasal dari ruangan itu sendiri, contohnya dari makanan.

Bau yang berasal dari makanan akan terbawa oleh udara. Kemudian, menempel pada kisi-kisi evaporator. Saat AC dihidupkan kembali, maka bau-bauan tadi ikut tertiup oleh udara dingin yang dikeluarkan oleh AC.

Baca Juga: Penyebab dan Solusi Mengatasi AC Bocor

Solusi yang diberikan oleh tim service tersebut adalah agar memilih jenis AC yang dapat mengatur waktu operasi AC. Jadi, sebelum AC dihidupkan, kisi-kisi evaporator akan dibasahi secara otomatis sehingga bau-bauan yang tadinya menempel akan lenyap dan udara yang keluar dari AC menjadi lebih segar tidak berbau.

Seorang pembaca lainnya menyatakan bahwa kalau AC-nya sering juga mengeluarkan bau ketika baru dinyalakan. Masih menurut pembaca tersebut, tukang reparasi mengatakan bahwa ada kotoran atau bakteri yang menumpuk pada evaporator. Solusinya adalah dengan melakukan perawatan dan pembersihan AC secara rutin, baik dilakukan sendiri maupun dengan meminta bantuan tenaga reparasi.

Label: