Masalah Seputar Lemari Es dan Solusinya

Masalah Seputar Lemari Es dan Solusinya
Masalah Seputar Lemari Es dan Solusinya - Anda pasti merasa kesulitan untuk menyimpan makanan dan bahan lainnya yang membutuhkan pendingin ketika terjadi masalah pada lemari es di rumah. Tunggu sebentar, jangan memutuskan untuk membawanya ke tukang reparasi bila terjadi kerusakan.

Sebaiknya kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada kulkas Anda. Pasalnya, ada kemungkinan masalah yang terjadi adalah sepele sehingga tidak perlu untuk diperbaiki oleh tukang reparasi. Atau, kalau memang harus diperbaiki oleh tukang reparasi sekalipun, setidaknya Anda telah memahami kerusakannya sehingga biaya yang dikeluarkan dapat lebih efisien.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Ditipu Jasa Servis Elektronik

Berikut ini beberapa masalah seputar lemari es atau kulkas yang acap kali terjadi pada pengguna beserta solusinya.

Freezer Tidak Berfungsi

Salah satu masalah yang bisa terjadi pada kulkas adalah tidak berfungsinya lemari pembeku atau freezer. Dinginnya cuma sedikit dan tidak sanggup untuk membekukan. Padahal, pengaturan suhu sama seperti biasa dan suhu pada bagian bawah baik-baik saja. Lalu, jika seperti ini, kerusakan terjadi di bagian mana?

Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab freezer tidak bisa beku atau gagalnya freezer dalam melakukan proses pembekuan. Faktor penyebab yang pertama adalah penyalahgunaan fungsi freezer. Sering ditemukan sejumlah kasus di masyarakat di mana lemari es yang sebenarnya ditujukan untuk fungsi rumah tangga tetapi "dialihkan" oleh konsumen untuk fungsi komersil. Perlu diketahui, lemari es mempunyai perbedaan pada standar komersil dan rumah tangga. Ambil contoh, pembuatan es batu yang terlampau banyak (lebih dari 3 buah es berukuran 1 kg). Hal ini tak akan efektif bila dibekukan di lemari es khusus untuk rumah tangga.

Faktor penyebab yang ke-dua freezer tidak berfungsi adalah pemakaian freezer yang melewati kapasitas. Artinya bahan makanan yang disimpan oleh freezer terlalu banyak sehingga ruang yang diperlukan freezer untuk menyimpan udara dingin menjadi berkurang. Nah, kalau kedua faktor tersebut tidak dialami oleh pengguna, maka ada kemungkinan telah terjadi kerusakan pada internal unit.

Mengisi Freon Kulkas

Apakah freon lemari es mesti diganti atau ditambah secara rutin? Pada dasarnya, prinsip perlakuan pada freon kulkas dan AC adalah sama. Idealnya freon tidak akan habis sehingga freon tak mesti untuk diisi. Kalau freon lemari es sampai berkurang, maka ini artinya ada kebocoran. Ciri-ciri kebocoran freon yang paling umum adalah munculnya bunga es pada pipa-pipa aluminium di bagian belakang badan kulkas area kompresor. Nah, kebocoran inilah yang perlu untuk ditangani.

Kulkas Berisik, Kenapa Ya?

Masalah yang dapat terjadi pada lemari es adalah terdengar suara berisik dari dalam kulkas saat kulkas menyala. Apakah hal seperti ini berbahaya?

Pada dasarnya, keadaan ini adalah tidak berbahaya. Putaran motor pada kompresor kulkas merupakan sumber dari bunyi berisik ini. Faktor penyebab masalah ini adalah tidak stabilnya tegangan listrik atau tidak mencapai 220 Volt yang disebabkan oleh masalah pada jalur instalasi listrik maupun pemakaian stop kontak yang berlebihan.

Sengatan Listrik pada Lemari Es

Masalah lain yang bisa dialami oleh pengguna adalah merasakan adanya sengatan listrik saat memegang badan kulkas. Lalu, apa kerusakannya dan hal apa yang mesti dilakukan?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan sengatan listrik pada lemari es. Faktor yang pertama adalah sistem instalasi kelistrikan di rumah konsumen tidak memiliki kabel penghantar (kabel grounding). Nah, lantaran tidak adanya kabel ini, maka listrik mengalir ke badan kulkas dan memunculkan "sengatan" ketika tersentuh oleh konsumen. Walaupun terasa tidak nyaman, tetapi hal ini tidak berbahaya. Faktor penyebab yang ke-dua adalah terdapat kebocoran listrik akibat kabel power yang terkelupas (bisa disebabkan oleh hewan atau yang lainnya).

Cara Membersihkan Kulkas yang Kotor

Masalah yang bisa juga menimpa lemari es di rumah adalah kulkas yang kotor akibat makanan tumpah atau bekas darah dari ikan dan daging. Kalau sudah begini, bagaimana cara membersihkan kulkas yang kotor ini?

Langkah-langkah untuk membersihkan kulkas kotor seperti ini adalah cabut stop kontak lemari es. Lalu, lepas rak-rak terutama yang terkena noda atau darah. Kemudian, bersihkan dengan sabun cuci piring standar atau dapat pula ditambahkan dengan perasan jeruk lemon untuk menghilangkan bau amis.

Selain itu, Anda bisa juga memanfaatkan bubuk kopi hitam. Caranya, bubuhkan bubuk kopi hitam pada wadah pipih atau lebar. Lalu, masukkan ke dalam kulkas (posisi listrik dapat menyala). Kemudian, tunggu sampai minimal 3 - 4 jam dalam kondisi kulkas tidak terisi oleh makanan. Setelah itu, masukkan makanan kembali sampai bau tidak sedap diserap oleh aroma kopi.

Baca Juga: Tips Supaya Lemari Es Bersih Selalu

Label: